Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarang Diketahui, Ini 7 Fakta Unik Elon Musk Tesla - Mobil Listrik

Siapa yang tidak kenal Elon Musk? Pemilik Tesla tersebut kini menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes, menggeser posisi bos Amazon Jeff Bezos. Di balik kesuksesannya, Elon memiliki sejumlah fakta unik dan menarik yang tidak banyak diketahui orang. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Elon Musk Bukan Pendiri Tesla

Tidak banyak yang tahu kalau Elon Musk sebenarnya bukan pendiri perusahaan mobil listrik Tesla. Elon baru menjadi CEO Tesla pada tahun 2008 setelah melakukan investasi dan mengetuai dewan direksi perusahaan tersebut.

Pendiri Tesla adalah Martin Eberhard dan Marc Tarpenning. Eberhard sempat berkonflik dengan Elon sekitar tahun 2009 dan menggugat Musk dengan tuduhan pencemaran nama baik. Konflik ini berakhir mulus setelah diselesaikan di luar pengadilan.

Sebelum berubah nama menjadi Tesla Inc, perusahaan ini bernama Tesla Motors yang didirikan tahun 2003. Tesla Motors memproduksi mobil pertama berjenis sport yang diberi nama Roadster tahun 2006. 14 tahun kemudian, tepatnya 2017, perusahaan ini berganti nama menjadi Tesla Inc.

Elon Musk Memiliki Tiga Kewarganegaraan

Elon Musk Tesla ternyata memiliki tiga kewarganegaraan, yaitu Amerika, Kanada, dan Afrika. Ia lahir di Afrika Selatan pada tanggal 28 Juni 1971. Kedua orang tuanya merupakan warga negara Amerika yang menjadi imigran di Afrika. Di negara inilah, Musk menghabiskan masa kecilnya.

Saat memasuki umur 8 tahun, kedua orang tuanya bercerai. Elon kecil memutuskan tetap tinggal bersama ayahnya di Afrika, sebuah keputusan yang sangat disesalinya di kemudian hari. Elon kemudian pindah dan menetap di Kanada saat berusia 17 tahun.

Elon Musk Pendiam dan Kutu Buku

Kegilaan Elon terhadap buku telah ditunjukkan saat ia berusia 9 tahun. Seluruh buku ensiklopedia dilahapnya habis. Ia juga menggemari novel, komik, hingga berbagai buku nonfiksi. 

Ia berkomitmen menghabiskan 10 jam per hari untuk membaca buku-buku kesukaannya tersebut. Dari hobi baca buku inilah Elon menemukan kebahagiaan dan inspirasi positif.

Sifatnya yang sangat pendiam membuat Elon betah berlama-lama membaca buku. Orang tuanya sempat mengira ia bermasalah dengan pendengaran. Di kemudian hari, ibundanya baru mengerti bahwa putranya tersebut gemar melamun tentang inovasi-inovasi unik.

Menjadi Korban Perundungan

Siapa sangka Elon Musk kecil selalu menjadi korban perundungan di sekolahnya? Gara-gara sifatnya yang pendiam dan kutu buku, Elon menjadi sasaran kekerasan teman sekelasnya. Ia pernah dirawat di rumah sakit akibat dipukuli hingga terjatuh di tangga sekolah.

Perlakuan buruk dan perundungan terus dialami Musk hingga menginjak usia 15 tahun. Inilah alasan mengapa ia kemudian memutuskan belajar bela diri untuk melindungi diri dan melawan perlakuan teman-temannya.

Usia 12 Tahun Sudah Membuat Video Game Sendiri

Di usianya yang baru 9 tahun, Elon sudah belajar banyak tentang pemrograman komputer. Berbekal pengetahuan ini, ia kemudian membuat video game sendiri saat berusia 12 tahun.

Video game ini diberi nama Blastar, yang berhasil dijualnya dengan harga USD 500.

Menjual Rumah dan Tinggal di Kontrakan

Kalau sebagian besar orang bekerja keras demi bisa beli rumah, beda halnya dengan Elon Musk. Ia malah menjual rumahnya dan memutuskan tinggal di kontrakan bersama kekasih dan anak-anaknya. Kontrakan yang ditempati Musk sejak tahun 2020 tersebut memiliki luas 37 meter persegi dan terletak di Texas. 

Ia memilih kontrakan ini karena berdekatan dengan markas Space X, perusahaan kendaraan luar angkasa miliknya. Keputusan Musk menjual rumah bukan tanpa alasan. Derasnya kritik publik terkait harta kekayaannya membuat Elon gerah. Salah satu janji yang ia tepati adalah menjual rumah miliknya.

Dalam Sehari Kekayaan Bertambah Rp27 T

Kekayaan Elon Musk bertambah USD 1,8 miliar atau setara Rp27 triliun hanya dalam satu hari. Total harta Musk mencapai USD 297 miliar atau setara Rp4.247 triliun, dan membawanya mendapat predikat orang terkaya di dunia saat ini.

Akhir November 2021, Elon juga mencatat sejarah ketika saham Tesla miliknya melonjak lebih dari 5 persen menuju USD 1.137 per lembar saham. Kenaikan harga saham ini berimbas pada kekayaan Musk yang bertambah USD 12,8 miliar atau setara Rp183 triliun.

Itulah sejumlah fakta unik dan menarik tentang orang terkaya di dunia, Elon Musk. Banyak pelajaran yang bisa ditarik dari perjalanan sukses seorang Elon. Mana yang paling menginspirasi Anda?

Posting Komentar untuk "Jarang Diketahui, Ini 7 Fakta Unik Elon Musk Tesla - Mobil Listrik"